Cara Mengobati Luka yang Benar - PMR
Headlines News :
Home » » Cara Mengobati Luka yang Benar

Cara Mengobati Luka yang Benar

Written By Unknown on 22 Jan 2013 | 1/22/2013


Cara Mengobati Luka yang Benar

Anak-anak PMR punya fakta dan mitos yang menarik disimak nih… Ternyata, cara mengobati luka akibat terjatuh atau teriris yang selama kita lakuin nggak semuanya bener. Nah lho… So, yuk kita cermati mana sih yang benar, mana pula yang salah. Let’s go…
temen pasti pernah mengalami luka-luka akibat terjatuh, teriris pisau atau luka kecil akibat kejadian lainnya. Sering kali untuk pertolongan pertama kita menggunakan plester. Nah, ternyata oh… ternyata, penggunaan plester itu tak selamanya tepat digunakan untuk mengobati luka. Hm… Yuk kita simak mitos serta fakta yang ada saat kita mengobati luka.
Mitos: Membersihkan luka dengan menggunakan alkohol.
Selama ini masyarakat menggunakan alkohol untuk membersihkan luka, padahal hal tersebut salah dan hanya sekedar mitos.
Cara terbaik untuk membersihkan luka terutama yang kecil adalah dengan air mengalir. Setelah itu bilas luka setidaknya selama lima menit untuk mengeluarkan kotoran, debu dan bakteri yang masuk ke dalam luka.
Sedangkan jika luka yang besar atau terus mengeluarkan darah, harus ditangani oleh dokter untuk menghindari pasien mengalami perdarahan.
Fakta: Menjaga luka agar tetap lembab.
Hal ini benar, karena menjaga luka tetap lembab bisa membuatnya cepat sembuh dan membantu menjaga perban agar tetap menempel. Hal ini sangat berguna untuk luka besar dan goresan.
Namun satu hal yang pasti adalah luka harus tetap bersih dan menggunakan lapisan tipis dari salep antibiotik untuk mencegah infeksi.
Mitos: Harus membiarkan luka selalu terbuka.
Anggapan ini adalah salah, karena dengan membalut luka sebenarnya bisa melindungi daerah tersebut dari gesekan-gesekan dengan pakaian, kotoran dan juga bakteri.
Untuk mengurangi risiko infeksi bakteri, selalu bersihkan luka sebelum menggunakan pembalut, serta menggunakan perekat dengan posisi selebar luka dan bukan memanjang.
Fakta: Harus membuka pembalut luka secara perlahan.
Hal ini adalah benar, karena membuka pembalut luka dengan menariknya secara cepat bisa membuat luka kembali terbuka.
Jika perban terasa menempel di luka, maka rendam dengan menggunakan air hangat untuk memudahkan melepaskannya, lalu lepaskan plester secara perlahan dan lembut.
Untuk menghindari rambut di kulit yang rontok, sebaiknya tarik perban secara bertahap dengan arah yang sama seperti pertumbuhan rambut.
Pakai Obat Tradisional
temen pasti nggak asing dengan ungkapan obat tradisional. Obat tradisional yang sering digunakan yakni dari tanaman-tanaman herbal. Nah, nggak jarang juga anak-anak PMR menggunakan tanaman herbal untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.
Kita semua tau, Indonesia berada di kawasan tropis. Tentu kawasan ini memiliki kekayaaan tumbuh-tumbuhan. Kekayaan tersebut menjadi keuntungan tersendiri karena setiap tanaman memiliki kandungan zat aktif yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah lho…
Sejatinya Indonesia telah memanfaatkan tanaman herbal tersebut sejak zaman nenek moyang. Namun seiring berkembangnya zaman, tanaman herbal mulai ditinggalkan karena alasan tidak ada bukti tanaman tersebut benar-benar berkhasiat terutama mengenai efek samping dari tanaman tersebut.
Jika mengatakan suatu penyakit, masyarakat akan lebih mudah menyebutkan penyakit-penyakit seperti diabetes melitus, batu ginjal, kolesterol tinggi, rematik dan tekanan darah tinggi. Ini merupakan momok bagi sebagaian besar masyarakat. Penyakit-penyakit tersebut memang berkaitan dengan gaya hidup seseorang, oleh karena itu distribusinya lebih luas diban-ding dengan penyakit lain.
Dibutuhkan pencegahan yang baik dalam menghadapi penyakit tersebut. Namun jika telah terlanjur terpapar masyarakat saat ini dapat mengambil alternatif pengobatan tanaman herbal. Alasannya adalah konsumsi obat tradisional dalam jangka waktu panjang akan lebih aman dibandingkan konsumsi obat modern saat ini.
Nah, kalau PMR sendiri menggunakan obat-obatan tradisional ini sendiri untuk luka akibat terjatuh dan luka-luka ringan. Dan tentu hal tersebut lebih ekonomis dan dapat dikelola sendiri dengan mengembangkan apotek hidup di lingkungan sekolah.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

  • RELAWAN PMR
  • PMR
  • in ADB
  • On Facebook
  • On Facebook

Comments

 
Support : PMR SMAN 3 SLAWI | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PMR - All Rights Reserved
Template Created by PMR SMAN 3 SLAWI Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger