Cara Menumbuhkan Rasa Percaya diri - PMR
Headlines News :
Home » » Cara Menumbuhkan Rasa Percaya diri

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya diri

Written By Unknown on 27 Jan 2013 | 1/27/2013



“Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri”

Bagi sebagian orang mungkin sangat susah untuk menumbuhkan rasa percaya diri di dalam dirinya. Karena kebanyakan dari hal ini rasa minder sebagai salah satu faktor yang bisa menjadikan seseorang tidak bisa tampil dengan percaya diri. Tetapi di suatu waktu yang mana mengharuskan tampil di depan umum dan pastinya rasa percaya diri  harus dimiliki maka hal ini mungkin saja akan menjadi suatu beban yang sangat bagi mereka. Untuk itu dalam hal ini cara untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu yang singkat harus diperlukan walaupun terkadang rasa percaya diri ini tidak bisa ditumbuhkan secara instan. Karena pada saat akan tampil di depan umum tidak mungkin bukan anda menelpon mentor anda dahulu untuk menanyakan bagaimana harus percaya diri ataupun anda harus membaca buku panduan terlebih dahulu.
menumbuhkan percaya diri :
1. Berdoa Selalu
Salah satu yang bisa membantu kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu yang bisa anda lakukan adalah dengan berdoa. Anda akan bisa termotivasi untuk mencapai suatu keberhasilan dengan berserah diri pada Allah SWT yang mana merupakan suatu konsep persiapan yang dapat melegakan diri kita.
2. Ikut Ambil Bagian
Apabila kamu berada di suatu organisasi maka cobalah untuk bisa mengambil bagian dari pekerjaan anda walaupun anda tidak percaya diri dengan kemampuan yang anda miliki. Karena bagi orang-orang disekitar anda mungkin apa yang kamu lakukan dan kamu fikirkan akan menjadi sautu hal yang sangat berguna. Karena dalam hal ini kata jangan menyerah untuk mencoba merupakan suatu cara yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut.
3. Rapikan Penampilan
Memang performance atau suatu penampilan saat ini tidak bisa kita remehkan karena selain fikiran kita faktor fisik juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Karena di depan orang lain penampilan dan kerapian yang kamu tunjukkan akan mencerminkan pribadi diri kamu.
4. Bicaralah Perlahan
Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan dengan perlahan-lahan dengan berbicara. Karena kamu akan mampu berfikir apa yang akan kamu katakan selanjutnya setelahnya kamu berbicara dengan pelan. Lawan bicara kamu juga akan lebih mengerti dengan apa yang kamu katakan apabila kamu memberikan jeda waktu kepada mereka. Untuk itu berbicaralah dengan perlahan.
5. Koreksi Diri
Coba berfikir positif dan selalu optimis apabila rasa percaya diri kamu mulai goyah apabila sebelumnya kamu merasakan sesuatu yang terjadi di luar dugaan kamu. Namun dalam hal ini koreksi diri juga harus kamu lakukan supaya apabila hal ini terjadi lagi di masa depan kamu bisa menghandle dengan baik.
6. Kamu adalah Bukan Tentang Standar Orang Lain
Apapun yang ada didalam diri kita mungkin orang lain akan memberikan pendapat yang berbeda-beda. Untuk itu pastinya pada setiap waktu kita tidak akan bisa memuaskan seseorang walaupun kita telah berusaha dengan sekeras apapun. Namun ketika seseorang melontarkan kata yang buruk tentang diri kamu maka janganlah langsung berkecil hati. Yang bisa kamu fikirkan adalah baik kita sendiri maupun mereka pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu setiap harinya usahakan untuk selalu menjadi pribadi yang baik dan buat waktu mu habis dengan hal-hal yang positif.
7. Tersenyum
Apabila kamu berada pasa situasi yang menegangkan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tetap tersenyum karena hal ini akan mampu memberikan rasa rileks pada diri kita. Apapun kondisi yang kamu hadapi senyum merupakan hubungan yang paling dekat dengan pemikiran yang positif. Perasaan kita akan lebih tenang dengan tersenyum karena hormon endorphin akan mampu dilepaskan selain wajah kita akan memberikan ekspresi yang ceria. Selain itu sirkulasi darah pada wajah juga akan lebih meningkat. Dalam hal ini untuk menghadapai suatu kondisi seperti apapun cobalah untuk tetap tersenyum karena tanpa kamu sadari rasa percaya diri kamu akan tumbuh. Itulah cara menumbuhkan rasa percaya diri.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

  • RELAWAN PMR
  • PMR
  • in ADB
  • On Facebook
  • On Facebook

Comments

 
Support : PMR SMAN 3 SLAWI | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PMR - All Rights Reserved
Template Created by PMR SMAN 3 SLAWI Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger